Cari di Blog ini

Sabtu, 09 Mei 2015

Kue Lumpur

Hai..hai..akhirnya sempet ngeblog lagi.

Kali ini mau posting kue lumpur ya. Yup, kue ini termasuk salah satu kue tradisional asli Indonesia dan orang seringkali menyebutnya jenis kue basah atau jajan pasar. Kue lumpur yang saya buat ini minus kentang atau labu kuning ya. Biasanya orang kalau buat kue lumpur selalu pakai kentang, karena lembutnya ya dari sana itu. Tapi belakangan orang mengkreasikan dengan labu kuning, tentu saja dengan pemakaian gula yang dikurangi, karena labu kuning sudah cukup manis kan.
 
Nah karena saya kebetulan ga punya stok keduanya, maka saya googling resep yang tanpa bahan keduanya. Sebenernya kue ini saya buat untuk mencoba cetakan kue lumpur yang sudah saya beli cukup lama dan belum digunakan, jujur saja makanpun belum pernah loh saya, haha. Alasan kedua untuk ikut dalam tantangan Food Bucket Challenge (FBC) di salah satu foody group di facebook. Grup ini seru deh, tiap minggu pasti ada tantangan buat kue atau masakan dengan tema tertentu. Tantangan wajib disetor tiap hari Kamis. Pas kebetulan minggu ini temanya jajan pasar atau kue tradisional Indonesia, ealah ko bisa pas aku mau nyoba cetakan. Ya sudah, akhirnya langsung eksekusi deh. Resep yang saya pakai ambil dari blognya yummy corner, tapi resep asli dari hesti kitchen. Ini linknya: http://yummy-corner.blogspot.com/2010/08/kue-lumpur-pandan-tanpa-kentang.html.
 
Nah karena saya ga punya pasta pandan, maka adonan yang saya buat saya beri perasa yang saya punya, hehe. Saya bagi dua adonan. Satu adonan saya beri essens pisang, dan satu lagi saya beri pasta mocca. Dua-duanya perasa favorit saya hehe.
 
Untuk topping juga saya sesuaikan dengan topping yang saya punya. Tadinya saya mau pake ovomaltine, my favorit selai..tapi stok ovo saya habis, huaaa. ya sudah saya pakai mesies ceres, keju parut dan kenari saja. Eh iya, saya punya strawberry segar di kulkas, daripada ga dipake, ya saya tambahkan saja deh di kue lumpur saya. Saya potong kecil-kecil.





Nah ini hasil setelah jadinya..taraaa..cantikkan?




Tapi kalau disuruh jujur aku ternyata kurang suka loh sama kue ini. Memang aslinya aku ga gitu demen sama tipe kue basah gini sih. Aku lebih suka gorengan, hahaha... Ya sudah gapapa, meski aku ga suka, toh banyak orang di luar sana yang suka sama kue ini, hehe. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: