Cari di Blog ini

Selasa, 05 Mei 2015

Egg Waffle

Wusss...hari sudah berganti dengan cepatnya..dan akhirnya..late posting deh :(

Ya sudah gapapa, lebih baik telat daripada tidak sama sekali ya. Ini pun badan sebenernya masih sangat ga enak, tapi disuruh tiduran terus kok rasanya malah ga nyaman juga. Ya sudah meski ga bisa baking di dapur, paling tidak update blog saja, toh ga menguras tenaga juga kan, hehe.
 
Baiklah..kali ini postingan egg waffle. Memang sesuai janji, saya mau mencoba cetakan egg waffle saya yang sudah datang. Jadi supaya saya tau kalau cetakan ini berfungsi, sekaligus nyoba ngerasain kaya apa sih enaknya egg waffle itu. Lagi booming banget loh kue satu ini di Jakarta. Katanya sih mahal juga harganya, jadi ketika ada yang nawarin cetakan yang murah meriah tapi bagus, tertarik lah saya untuk mencoba. Eh ternyata, ketika saya coba posting cetakan di fb dan jual ada beberapa yang mau ikutan beli, akhirnya jualan sekalian deh. Itupun barang mesti PO dulu, dan cepet banget habisnya loh..ampun..laris manis bu, hehe. Pengen lihat penampakan cetakannya? kaya gini nih bunda
 
Saya sendiri belum pernah makan loh kuenya, cuma liat penampakannya via grup dan internet aja, itu juga pas nyari2 resepnya, hehe. Nah nama lain kue ini tuh, aslinya ya..Hongkong Style Egg Waffle, keren kan namanya? Ini salah satu makanan jajanan kaki lima (street food) disana nih. Disini baru booming. Dah ah cukup cerita historinya, mari lanjut ke penampakan egg waffle sesudah jadinya:
 
 
Kue ini ada yang pakai isi dan ada yang tidak. Kemarin saya isiin pake mesies ceres dan keju parut saja, kehabisan stok ovomaltine, haha. Kalau ga habis, saya pasti pake ovo lagi..maniak sama ovomaltine hihi. Tapi sebenernya tanpa isi pun kue ini dan enak kok, manis dan gurih, hehe. Satu aja yang bikin saya males buatnya. Mesti didiemin dulu di kulkas selama satu jam, dan setelahnya didiamkan lagi kurang lebih satu setengah jam, lama banget bo..secara saya paling males disuruh nunggu hehe. Ya sudah yang penting hasilnya enak, garing, gurih dan manis..mantab pokoknya.
 
Resepnya saya ambil dari sini nih: http://en.christinesrecipes.com/2010/09/hong-kong-style-egg-waffle-original.html#ixzz3VHQk4u00. Resepnya dalam bahasa inggris ya. Susah kalau pake bahasa Inggris? oke..saya buat versi bahasa Indonesianya ya, tenang, hehe.
 
Resep Egg Waffle        By: Src link di atas (christinerecipes)
 
Bahan:
140 gr Tepung serba guna
7.5 gr Baking powder
1 sdt Tepung custard
28 gr Tepung tapioka (saya ganti pake maizena dan sagu tani, ga punya tapioka soalnya, hehe)
2 btr Telur
140 gr Gula putih
28 gr Susu cair (saya pake susu bubuk dicampur air dan diaduk rata, ga ada stok susu cair)
140 ml Air
28 gr Minyak sayur
2 tetes Esens vanilla
 
Cara Buat:
  1. Campur dan ayak bahan kering, tepung serba guna, baking powder, tepung custard dan tapioka. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula putih menggunakan whisk atau sendok kayu. Tambahkan susu dan air sedikit sedikit. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Campurkan bahan kering yang sudah diayak ke dalam adonan telur, aduk sampai tercampur rata dan halus.
  4. Tambahkan esens vanila dan aduk rata.
  5. Terakhir tambahkan minyak sayur dan aduk rata.
  6. Tutup adonan dengan plastik wrap dan letakkan di kulkas selama 1 jam.
  7. Keluarkan adonan dari kulkas dan biarkan kurang lebih satu setengah jam hingga mencapai suhu ruang.
  8. Siapkan cetakan, letakkan di atas kompor menyala, pakai api kecil. Panaskan kedua sisi cetakan.
  9. Kuas dengan minyak (untuk cetakan ini karena bahan teflon tidak usah dilapisi minyak lagi) supaya tidak menempel.
  10. Tuang adonan ke satu sisi cetakan sampai kurang lebih 80% terisi. Tutup, balik, diamkan sebentar, lalu balik lagi, dan diamkan sampai matang. Balik lagi supaya sisi yang sebelahnya ikut matang.
  11. Kalau mau diberi isi, setelah adonan dituang, segera beri isian, baru tutup dan balik.
Nah gimana? mudah kan? selamat mencoba ya, dan selamat berkreasi dengan berbagai rasa atau isian.
     
     
     
     
 
 
 

Tidak ada komentar: